Senin, November 30, 2009

Perlu Pembenahan Ihwal Sejarah Kepahlawanan

By Republika Newsroom
Senin, 09 November 2009 pukul 16:16:00


JAKARTA--Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai bahwa saat ini perlu dilakukan pembenahan terhadap pengetahuan sejarah kepahlawanan dfi sekolah-sekolah dan bahkan di Perguruan Tinggi. Ini ditegaskan Ketua PBNU KH Mustofa Zuhad Mughni dalam perbincangan dengan Republika di Jakarta, Senin (9/11).


Pasalnya, belakangan ini sejarah perjuangan pahlawan dan pejuang-pejuang Islam, tidak diajarkan di pendidikan di sekolah-sekolah. Baik di sekolah umum maupun pendidikan Islam. ''Sehingga murid didik kita sangat kurang pemahamannya akan perjuangan pahlawan-pahlawan Islam, yang sebetulnya sangat besar perjuangan dan pengabdiannya untuk negara ini,'' tegas Mustofa.

Selain merupakan bagian dari sejarah penting, ditegaskan Mustofa bahwa banyak teladan yang bisa diambil dari para pejuang Islam negeri ini. ''Jadi memang hendaknya perlu ada pembenahan disertai perubahan, agar bagaimana murid didik di sekolah-sekolah juga banyak mendapatkan pengetahuan sejarah kepahlawanan pejuang-pejuang Islam,'' ungkapnya.

Lebih lanjut Mustofa mengungkapkan bahwa sebenarnya dalam sejarah perjuangan Indonesia, banyak sekali pahlawan-pahlawan Islam yang sangat besar sumbangsihnya terhadap bangsa dan negara serta umat Islam khususnya. osa/ahi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar