Senin, November 30, 2009

Forum Pemerhati Pendidikan Yogya Gelar Seminar Budi Pekerti

By Republika Newsroom
Rabu, 21 Oktober 2009 pukul 17:34:00


YOGYAKARTA -- Forum Komunikasi Pemerhati Pendidikan Yogyakarta dan Fakultas Ilmu Budaya-UGM akan menggelar seminar ''Pendidikan Budi Pekerti bagi Generasi Muda Indonesia'' di Auditorium Poerbatjaraka-Fakultas Ilmu Budaya-UGM, tanggal 25 Oktober depan.

Menurut Koordinator FKPPY, Dr Gideon Hartono, seminar ini adalah langkah awal untuk mengusahakan kembali masuknya mata pelajaran budi pekerti dalam kurikulum di pendidikan dasar dan menengah. Seminar ini terbuka bagi 400 orang peserta, terutama untuk guru TK/SD/SMP/SMA/SMK, dosen dan mahasiswa, serta para pemerhati pendidikan.


Seorang panitia seminar mengatakan sertifikat hasil mengikuti seminar ini (ditandatangani oleh FIB-UGM) dapat dipakai sebagai bahan oleh para guru dalam usaha mereka untuk mendapat sertifikasi guru.

Gideon mengatakan bahwa seminar ini berangkat dari keperhatian sejumlah pemerhati mendidikan dengan semakin menurunnya kesadaran anak-anak muda terhadap budi pekerti, padahal budi pekerti adalah bagian dari budaya bangsa, dan juga menjadi kekayaan kearifan lokal, yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan karakter bangsa ini.
Katanya, melalui seminar ini diharapkan nantinya timbul kesadaran bersama pada komunitas pendidik untuk menggali lagi kearifan-kearifan lokal yang menonjolkan nilai-nilai budi pekerti, untuk selanjutnya bisa disusun sebagai acuan bersama dalam penyusunan kurikulum di sekolah dasar dan menengah.

Menurut dia, Indonesia sebagai bangsa yang terdiri dari berbagai macam etnis sangat kaya dengan kearifan-kearifan lokal, yang seharusnya bisa digali untuk diteruskan kepada generasi penerus bangsa.

Ia percaya dengan memperkaya diri dengan kesadaran akan nilai-nilai budi pekerti yang terkandung dalam kearifan-kearifan lokal itu, nantinya anak-anak muda bangsa ini akan semakin mempunyai pegangan dalam memasuki dunia intelektual ilmu pengetahuan, dan pergaulan dunia. yoe/pur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar