Jumat, Agustus 21, 2009

Moment-moment Penting di Bulan Ramadhan

Oleh Abdul Aziz | 30 Sya’ban 1430

Ramadhan adalah bulan mulia, bulan yang agung dan penuh berkah. Satu-satunya nama bulan yang tercantum dalam Al-Quran ( Al-Baqarah, 2 : 185 ). Kemuliaan, keagungan dan keberkahannya berkaitan erat dengan keutamaan amal dan nilai-nilai yang terkandung di dalam bulan Ramadhan. Rasulullah SAW dalam pidatonya pada hari terakhir di bulan Sya’ban menyatakan bahwa kita dalam naungan bulan yang agung dan penuh berkah. Di dalamnya ada satu malam mulia yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan diwajibkannya puasa dan malamnya disunnahkan shalat (tarawih) . Ramadhan adalah bulan kesabaran, bulan untuk berbagi, bulan penuh kasih dan ampunan.


Kemuliaan dan keagungan bulan Ramadhan ditunjukkan dengan nama-nama tertentu yang dilekatkan pada bulan ini. Nama-nama tersebut merefleksikan moment-moment penting pada bulan Ramadhan, di antaranya adalah :
1. Syahr Allah (Bulan Allah), karena Allah memberikan pahala yang besar bagi orang yang berbuat baik di bulan ini. Ibadah puasa pun pahalanya langsung diberikan Allah sendiri.
2. Syahr al-Quran ( bulan diturunkannya Al-Quran / Nuzul al-Quran ).
3. Syahr al-tilawah ( bulan membaca Al-Quran ).
4. Syahr al-shabr ( bulan pelatihan untuk bersabar).
5. Syahr al-rahmah ( bulan kasih sayang, bulan waktu Allah melimpahkan rahmat-Nya ).
6. Syahr al-Shiyam ( bulan dilaksanakannya ibadah puasa ).
7. Syahr al-jud ( bulan untuk berbagi ).


Ramadhan bagi umat Muslim memiliki makna tersendiri, karena berbagai peristiwa penting dalam sejarah perkembangan Islam terjadi pada bulan ini. Peristiwa-peristiwa penting itu di antaranya :

1. Turunnya wahyu pertama al-Quran, yaitu surah al-Alaq (96) : 1 – 5 (Nuzul al-Quran ) dan pengangkatan Muhammad sebagi Rasul Allah ketika sedang berkhalwat di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan.
2. Tahun duka cita ( ‘Amm al-Hazn ) , yaitu meninggalnya Abu Thalib, paman Nabi Muhammad, dan Khadijah binti Khuwailid, istrinya, pada tahun ke-10 kerasulan. Kedua orang inilah yang selalu memberikan support dalam berdakwah. Selama Abu Thalib hidup tak seorang pun berani mengganggu Nabi secara terang-terangan. Khadijah pun membantu dengan hartanya untuk berdakwah.
3. Pada bulan Sya’ban tahun 2 H Allah mewajibkan berpuasa Ramadhan dan mengeluarkan zakat fitrah kepada kaum Muslim.
4. Kemenangan besar Rasulullah SAW bersama kaum Muslimin dalam Perang Badr al-Kubra (besar) tanggal 17 Ramadhan 2 H. Sebuah kemenangan yang dapat membangkitkan semangat juang kaum Muslimin.
5. Fath Makkah, kemenangan kaum Muslimin atas kota Makkah dan pemusnahan berhala-berhala sesembahan kaum kafir di sekitar Ka’bah pada tanggal 21 Ramadhan 8 H.
6. Pada bulan Ramadhan 9 H penduduk Taif mendatangi
Rasulullah dan menyatakan masuk Islam. Dan pada tahun yang sama utusan kerajaan Hummir memberitahukan keislaman mereka.
7. Pada tahun berikutnya, 10 H, kabilah Hamadan di Yaman menyatakan masuk Islam.
8. Fatimah az-Zahra meninggal pada tanggal 13 Ramadhan 14 H.
9. Ali ibn Abi Thalib wafat pada hari Jumat, 15 Ramadhan 40 H.
10. Pada bulan Ramadhan 53 H, kaum Muslimin menaklukkan Pulau Rhodes di Laut Tengah.
11. Aisyah, istri Nabi, meninggal pada tahun 78 H.
12. Pada bulan Ramadhan 91 H, kaum Muslimin mendarat di pantai selatan Andalusia (Spanyol). Setahun kemudian , 92 H, Thariq ibn Ziyad menaklukkan Spanyol.
13. Ramadhan 361 H Universitas Al-Azhar dibuka di Kairo.
14. Shalahuddin al-Ayyubi , Ramadhan 584 H, mencapai kemenangan gemilang dengan memukul mundur pasukan Salib dan membebaskan beberapa daerah yang diduduki tentara Salib.
15. Negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia memproklamasikan kemerdekaannya pada hari Jumat, 10 Ramadhan 1364 H bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 1945.

Selamat berpuasa !





Tidak ada komentar:

Posting Komentar