Minggu, Januari 31, 2010

UT Jadi Universitas Kelas Dunia

Tangerang, Warta Kota -- Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Depdiknas, Harris Iskandar, mengatakan selama 25 tahun Universitas Terbuka (UT) berdiri, UT makin diakui sebagai universitas terkemuka di seluruh dunia.

"Universitas Terbuka masuk dalam daftar kelas universitas international, UT tidak lagi dianggap sebagai universitas kelas bawah," kata Harris pada hari ulang tahun UT ke-25 di kampus UT Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, kemarin.

Harris mengatakan, di usia yang ke-25 UT menunjukan kelasnya dengan menghasilkan sarjana yang mampu bersaing baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Kini UT berkembang pesat dengan jumlah mahasiswa mencapai 596.922 orang dengan jumlah alumni 764.478 orang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
"UT berperan fital di Indonesia dalam transformasi pendidikan sebagai unsur pengembangan kemampuan, pembangunan watak, dan peradaban bangsa yang bermartabat," ujarnya.


Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka, Tian Belawati, menyatakan di usia yang ke-25 tahun, kehadiran UT diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.
Ia mengaku, sebagai tonggak sejarah pihaknya melakukan penanaman "time capsule" yang merupakan kumpulan sample dokumen, benda yang bersifat ikonik, dan produk pencapaian pendidikan UT selama 25 tahun.

Untuk lebih memaksimalkan peran UT ke depan pihaknya meluncurkan website baru UT dan mobile learning koneksi internet melalui telepon seluler atau M-Learn. "Bagi UT, ini sangat penting mengingat dengan M-Learn UT kendala keterbatasan koneksi dapat diatasi dengan kemajuan teknologi komunikasi seluler," kata Tian. (Ant/tig)

Sumber : http://www.wartakota.co.id/read/pendidikan/13498
Sabtu, 3 Oktober 2009 | 07:53 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar