Minggu, Januari 31, 2010

Kuliah Gratis Lewat Jalur Tahfidz Qur’an

Bandung, Warta Kota -- Universitas Islam Bandung (Unisba) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa tes bagi calon mahasiswa yang hapal Al-qur’an sebanyak 30 juzz.

"Calon mahasiswa yang hafal 30 Juzz Al-qur’an bisa masuk Unisba dengan mengikuti jalur Tahfidz Qur’an, tanpa tes ujian masuk," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unisba, Prof Edi Setiadi, di Bandung, Selasa (19/1).

Para mahasiswa yang diterima melalui jalur itu juga mendapat fasilitas bebas biaya kuliah dalam jangka waktu lima tahun. Mereka yang berminat masuk Unisba dengan jalur Tahfidz Qur’an bisa mendaftar ke kampus Unisba.
"Silakan datang langsung ke sini dengan hafal 30 Juzz nanti kita uji," tutur Edi.

Selain jalur hafal Al-qur’an, ada dua jalur lain yang dibuka Unisba, yaitu jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK) dan penerimaan biasa melalui ujian tertulis. Edi mengatakan, jalur PMDK dilaksanakan dengan kriteria masuk rangking 10 besar di kelas, serta nilai rata-rata rapor 7 dari kelas 1 sampai kelas 3.


Sedangkan untuk jalur ujian saringan masuk (USM) dilaksanakan dalam tiga gelombang. Gelombang pertama bulan April, gelombang kedua bulan Juli, dan gelombang ketiga bulan Agustus.

Jalur PMDK juga diterapkan dua perguruan tinggi swasta lain, yaitu Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dan Universitas Pasundan (Unpas).

"Kita menggunakan dua jalur untuk masuk ke sini yaitu lewat PMDK dan testing atau lewat ujian," kata Kepala Biro Adm Kemahasiswaan Universitas Pasundan (Unpas), Darodjat.

Untuk PMDK Unpas melakukan dengan cara menelusuri ke sekolah-sekolah, mencari siswa yang berprestasi dan akan langsung diterima tanpa mengikuti tes. Untuk jalur ujian, perguruan tinggi itu mengadakan tiga gelombang, Juni, Juli, Agustus.

Humas Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Reno Margiantoro, mengatakan, perguruan tinggi itu menggunakan tiga program jalur masuk yaitu melalui PMDK, ujian saringan masuk (USM), dan ujian masuk bersama. Namun yang paling banyak menyerap calon mahasiswa adalah jalur masuk lewat PMDK dan USM. USM diadakan tiga gelombang; Januari, Mei, dan Juli. (Antara/ink)

Sumber : http://www.wartakota.co.id/read/pendidikan/20143
Selasa, 19 Januari 2010 | 11:39 WIB



2 komentar:

  1. ass, klo S2 ya ada gak pak yang jalur tahfidz 30 juz,, sukron

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumussalam,
    Dari isi pemberitaan di atas tampaknya hanya untuk S-1 saja. Maaf baru sempat dijawab.

    Terima kasih.
    Salam

    BalasHapus