Minggu, Oktober 31, 2010

Pendidikan Islam Harus Bangun Karakter

Bisa diwujudkan melalui penggabungan nilai agama dan kemanusiaan.

TANGERANG - Pendidikan Islam harus mampu membangun karakter yang berdasarkan nilai spiritualitas, semangat cinta bangsa, dan kemanusiaan. Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Komaruddin Hidayat, menuturkan, ketiga hal itu merupakan inti dan tujuan penyelenggaraan pendidikan.

Namun, Komaruddin mengungkapkan, pendidikan Islam belum berhasil menggarap pembangunan karakter. "Mestinya, pendidikan bukan hanya menitikberatkan pada materi pelajaran," katanya saat membuka Konferensi Internasional Fethullah Gulen dengan tema The Gulen Model of Education di Ciputat, Tangerang Selasatan, Rabu (20/10).


Agar pendidikan Islam meningkat mutunya dan berhasil membangun karakter, perlu pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dan kemanusiaan. Ia yakin dengan bermodalkan hal itu kontribusi umat Islam bagi kelangsungan hidup manusia akan semakin diperhitungkan dunia.

Selain itu, menyiapkan para pendidik yang kompeten dan berkualitas menjadi hal penting lainnya yang ia tekankan. Tenaga-tenaga pengajar di lembaga pendidikan Islam mesti lulusan terbaik dari kampus-kampus yang ada sehingga akan menghasilkan alumni yang mampu bersaing.

Lebih lanjut, terlepas dari sejumlah kekurangan yang ada, ia menilai bahwa secara umum pendidikan Islam, termasuk di Indonesia, mengalami kemajuan. Buktinya, sekolah-sekolah Islam unggulan banyak bermunculan. "Kondisi tersebut didukung meningkatnya kajian Islam," katanya.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Amin Abdullah, mengemukakan bahwa pendidikan Islam harus mampu menggabungkan tiga hal penting, yaitu peningkatan kemampuan, pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan, serta pembentukan karakter. "Pendidikan butuh orientasi jelas," ujarnya.

Jika tidak, lembaga pendidikan Islam sulit mencetak kader agama yang memberikan konstribusi bagi umat manusia. Ia melontarkan kritik terhadap pendidikan Islam di Indonesia, yang dinilainya belum mengakomodasikan ilmu pengetahuan modern. Juga belum memperhatikan kepekaan anak didik terhadap masalah sosial, budaya, dan kemanusiaan.

Akibatnya, generasi-generasi muda tidak memiliki kepedulian sosial dan rasa tanggungjawab dalam memberikan solusi pemikiran dan karya nyata terhadap persoalan umat. Meski terdapat pondok pesantren, ujar Amin, namun pelaksanaan nilai luhur agama di lembaga dengan konsep boarding school itu belum maksimal.

Padahal, semestinya kesempatan menginap tersebut digunakan sebagai ajang penempaan disiplin dan eksplorasi keilmuan Islam dari berbagai disiplin. Amin mengatakan, berbeda dengan sekolah Gulen, Turki, misalnya, yang tidak hanya fokus pada pembelajaran agama, tetapi juga menekankan ilmu pengetahuan, budaya, sosial, dan kemanusiaan.

Teladan

Guru Besar Studi Agama dan Teologi Universitas Monash, Australia, Salih Yucel, memaparkan, dalam konsep Islam, pendidikan melibatkan tiga elemen yang disebut sebagai segi tiga pendidikan, yaitu orang tua, murid, dan guru. Segi tiga ini mempunyai peran dan keterkaitannys masing-masing.

Komunikasi antarketiga elemen ini sangat penting. Di samping memang, keberhasilan pendidikan terletak pada guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik sekaligus. Guru dituntut menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. "Nilai agama turut menyumbang keberhasilan pendidikan Islam," tuturnya.

Inilah yang melatarbelakangi pentingnya role model tentang konsep ideal pendidikan Islam. Penerapan nilai keislaman seperti yang diajarkan Nabi Muhammad merupakan visi pendidikan Islam. Yang meliputi kecerdasan, kepercayaan, keteladanan, kejujuran, dan ketaatan. cr1 ed: ferry kisihandi


Sumber : Republika, Kamis, 21 Oktober 2010

1 komentar:

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    And earning money online using it is as easy as 1---2---3!

    Here is how it works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (it ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and up-sell your affiliate products for you!

    Are you ready to start making money??

    Click here to launch the system

    BalasHapus